apotekmu Pusat Grosir Jaman Now Sistem Informasi Software Apotek, Software Klinik, Aplikasi Toko Kelontong, Program Akuntansi Dan Laporan Keuangan Gratis Download

3+ Cara Menangani Luka Ringan Pada Kulit

1 min read

Cedera

Cedera merupakan salah satu penyakit luar tubuh yang cukup mengganggu kesehatan dan aktivitas. Oleh karenanya sebuah penanganan yang cepat dan tepat mesti dilakukan apabila anda mengalami sebuah cedera, seperti memberi pertolongan pertama dengan membasuh luka dengan air bersih kemudian segera keringkan dengan kain atau tisu yang bersih.

Selain itu juga, ada beberapa luka yang tidak bisa langsung kita tangani sendiri, misalnya saja seperti luka sobekan pada kulit yang dimana butuh penanganan dokter. Namun pada bahasan kali ini kita akan membahas mengenai cara penanganan cedera ringan seperti luka gores, atau luka bakar ringan dsb.

1. Cara menangani luka bakar ringan

Luka Bakar
Image Source: honestdocs.id

Biasanya  kita sering kali teledor ketika sedang melakukan sesuatu. Misalnya saja saat sedang menyalakan lilin saat mati lampu dan tanpa sengaja kulit kita tesambar api dari lilin tersebut, Jika anda terkena hal semacam ini maka penanganan yang mesti dilakukan adalah:

  • Mengalirinya dengan air dingin yang bersih selama 5 menit
  • Memberikan krim dingin atau salep pada bagian-bagian kulit yang memerah.
  • Segeralah balut luka tersebut dengan kapas dan kasa yang telah diberi antibiotic agar tidak terjadi infeksi.

2. Cara menangani luka sayatan kecil

Luka Sayat
Image Source: bp-guide.id

Benda-benda pipih dan tajam bisa menjadi barang yang berbahaya apabila kita melakukan kesalahan ketika menggunakanya, misalnya saja ketika anda sedang menggunakan silet untuk meraut pensil anda yang telah tumpul. Akibat sedikit keteledoran silet tersebut tanpa sengaja mengenai ujung jari anda sehingga menimbulkan luka sayat. Apabila hal semacam ini menimpa anda, maka hal yang mesti dilakukan adalah:

  • Bersihkan luka dengan air bersih yang mengalir, kemudian bersihkan area sekitar luka dengan menggunakan sabun. Usahakan agar sabun tidak mengenai luka agar tidak terjadi iritasi.
  • Teteskan obat antibiotic seperti betadin ataupun salep oles pada bagian luka tersebut agar dapat mencegah terjadinya infeksi yang dapat memperbuuk cedera.
  • Kemudian perbanlah luka agar terhindar dari bakteri dan menjaganya tetap bersih.
  • Jika pada luka terdapat kotoran ataupun sisa dari benda yang menyebabkan luka tersebut sebaiknya pergi ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

3. Cara Menangani Luka Memar

Luka Memar
Image Source: hipwee.com

Luka memar muncul ketika ada bagian tubuh yang terbentur dengan benda yang keras sehingga menimbulkan bengkak yang berwarna biru kemerahan. Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan apabila anda terkena hal semacam ini, diantaranya:

  • Kompreslah luka tersebut dengan es batu, dingin yang terkandung dalam es dapat memperkecil pembuluh darah sehingga dapat memperlambat bengkak menjadi semakin semakin serius.
  • Balutlah memar tersebut menggunakan perban elastis agar mencegah darah terus merembes dari bekas luka. Sehingga cedera tidak semakin parah
  • Setelah selesai mengkompres dengan es batu cukup lama. Kompreslah luka dengan air hangat agar sikulasi darah kembali menjadi lancer. Anda dapat menggunakan kain atau handuk kecil hangat untuk mengkompres memar tersebut.
apotekmu Pusat Grosir Jaman Now Sistem Informasi Software Apotek, Software Klinik, Aplikasi Toko Kelontong, Program Akuntansi Dan Laporan Keuangan Gratis Download