8 Cara Meningkatkan Omset Bisnis Apotik

Download Software Apotek dan Klinik Gratis Klik Disini !!

Setiap usaha dari yang paling kecil sekalipun termasuk bisnis apotik, masyarakat membutuhkan manajemen yang baik untuk memastikan proses produksi, distribusi, dan penjualan berlangsung dengan baik. Sistem manajemen yang buruk akan mengakibatkan adanya biaya yang tidak perlu seperti bahan baku yang terbuang, pekerja yang tidak produktif karena pengawasan yang tidak efektif dan deskripsi pekerjaan yang tidak jelas.

Manajer yang baik akan mempersiapkan rencana, mengatur sumber daya yang dimilikinya sedemikian rupa untuk mempertemukan tenaga farmasi dengan  bakat yang diperlukan untuk mencapai tujuan yang diinginkan, mengarahkan kegiatan mereka, dan mengendalikan tindakan mereka. Sementara manajemen adalah sebuah seni dari sebuah ilmu pengetahuan, banyak kesalahan yang  potensial dapat dihindari jika proses manajemen dilakukan dengan benar.

Berikut Tips Sederhana Meningkatkan Omset Bisnis Apotik :

bisnis apotik

  1. Berikan Pelayanan Terbaik

Dalam dunia ekonomi kita sering mengenal istilah “pembeli adalah raja” maka Anda sebagai penjual wajib memberikan pelayanan terbaik Anda kepada konsumen.

Jangan remehkan seberapa banyak atau besar jumlah barang yang akan dibeli konsumen. Anda harus bersikap professional tanpa pandang bulu.

Hal ini penting untuk ‘mengambil hati’ konsumen Anda.

Jika konsumen Anda puas dengan pelayanan Apotik anda, maka konsumen akan otomatis memberikan rekomendasi kepada keluarga & teman-teman mereka untuk membeli obat di Apotik Anda.

  1. Perhatikan Ketersediaan Obat-Obatan

Dikarenakan bisnis apotik Anda masih baru, dalam pembelian produk obat janganlah berbelanja produk banyak-banyak dulu.

Belanjalah produk-produk yang sudah pasti laku di pasaran dan juga belanja produk-produk obat wajib apotik menurut Departemen Kesehatan.

Daftar tersebut dapat dilihat di dinkes setempat. Stok produk juga jangan terlalu berlebihan. Sediakan produk untuk persediaan satu bulan pertama.

  1. Jalin Kerjasama Dengan Klinik Maupun Dokter

Hubungan kerjasama ini ditujukan untuk dapat meningkatkan omset penjualan pada bisnis apotik Anda dan juga membantu Anda dalam penyediaan produk yang sebelumnya belum tersedia di Apotik Anda.

Apabila apotik sekitar Anda menjual produknya ke sesama apotik ternyata sama dengan ke konsumen, tidak perlu takut.

Kalau perlu kita tidak usah mengambil untung lagi atau bahkan kita menjualnya kembali dengan lebih murah ke konsumen. Setidaknya kita tahu patokan margin apotik sekitar kita kepada konsumen.

Hal ini bertujuan agar resep-resep yang dikeluarkan oleh klinik maupun praktek dokter di sekitar Anda akan ditebus oleh pasien pada apotik Anda.

Di samping itu, Anda juga bisa mengetahui obat-obat apa saja yang biasa diresepkan oleh klinik maupun praktek dokter dan dapat menjadi pertimbangan Anda dalam hal penyediaan produk tersebut.

Mengenai kerjasama tersebut dapat Anda lakukan menurut cara Anda sendiri.

  1. Kontrol Siklus Penjualan Pada Bisnis Apotik Anda

Hal ini untuk mengetahui produk-produk apa saja yang laku di apotik Anda sehingga Anda dapat menambahkan stok produk tersebut di bulan berikutnya.

Untuk produk-produk yang kurang atau bahkan tidak laku selama 3 bulan, jual lah produk tersebut tanpa mengambil keuntungan atau jual rugi.

Setelah itu, produk tersebut tidak perlu disediakan lagi di apotik Anda daripada produk tersebut menjadi kadaluarsa di kemudian hari dan tidak dapat diretur ke distributor.

Terkadang distributor sering berubah peraturan masalah retur untuk produk-produk tertentu. Lebih baik rugi sekarang daripada rugi kemudian hari, karena hasil dari penjualan produk yang tidak lagi tersebut dapat kita gunakan untuk menambah stok produk yang laku di apotik Anda.

Evaluasi penjualan ini wajib Anda lakukan untuk mengetahui produk-produk apa saja yang laku, kurang laku, maupun tidak laku di apotik Anda.

Evaluasi ini dapat dilakukan setiap 3 bulan. Data tersebut Anda kumpulkan untuk kemudian Anda analisa produk-produk apa saja yang masih dapat Anda sediakan nantinya.

Sebaiknya untuk produk-produk yang tidak laku selama dua kali evaluasi Anda jual rugi.

  1. Jalin Kerjasama Dengan Para Detailer Obat Yang Datang Ke Apotik Anda

Setidaknya dapatkan informasi terbaru lebih dulu sampai ke tempat Anda. Jangan terburu-buru membeli produk dari mereka, karena biasanya pada waktu-waktu tertentu mereka akan menawarkan produk lebih murah.

Hal ini mereka lakukan untuk mengejar target penjualan mereka kepada bisnis apotik Anda. Buatlah mereka untuk betah datang ke apotik Anda walaupun sebenarnya Anda belum berniat berbelanja ke mereka.

  1. Jalin Kerjasama Dengan Apotik-Apotik Besar

Ada beberapa apotik besar yang bisa menjual produk ke sesama apotik lebih murah daripada apa yang ditawarkan distributor kepada Anda. Jalinlah kerjasama dengan mereka.

Karena di samping Anda dapat berbelanja ke sana dengan harga murah, juga dapat berbelanja berdasarkan stock yang dibutuhkan oleh apotik Anda. Karena kalau Anda berbelanja ke distributor haruslah dengan minimum order.

Hal itu yang terkadang membuat Anda harus menambahkan stock produk untuk memenuhi minimum order tersebut.

Sedangkan kalau kita berbelanja ke sesama apotik kita bisa berbelanja tanpa harus memenuhi minimum ordernya. Tetapi kita berbelanja sesuai kekosongan  stock produk di tempat Anda.

  1. Pengelolaan Laba Usaha

Sebaiknya laba usaha yang Anda peroleh dapat Anda simpan sebagian salah satu modal pengembangan selanjutnya. Seperti membuat cabang-cabang bisnis apotik Anda nantinya.

Sisihkan laba bersih apotik (kira-kira 50%) untuk pengembangan usaha / pembukaan cabang baru di daerah lain. Dengan membuka cabang baru, penyebaran (distribusi) produk akan semakin luas.

  1. Gunakan Software Apotik Berkualitas Kami

Software Apotik juga membawa dampak bagi perkembangan bisnis apotik Anda. Hal ini karena banyak manfaat yang bisa anda rasakan dengan menggunakan Software Apotik.

Mengontrol stok obat secara otomatis, melihat laporan keuangan secara berkala secara otomatis, dll. Belilah Software Apotik pada pengembang terpercaya.

Jangan gunakan software apotik gratisan/crack. Karena akan berpengaruh terhadap keamanan data anda. Itulah sedikit tips mengenai cara meningkatkan omzet pada bisnis apotik Anda, semoga bermanfaat.

>>Download Software Apotek Gratis Klik Disini!!<<

Download Gratis Software Apotek Dan Klinik