Mengenal Lebih Jauh Tentang Apotek Dan Fungsi Apotek

Dalam suatu pelayanan kesehatan pada umumnya selalu menggunakan obat sebagai terapi dalam proses menjaga kesehatan maupun menyembuhkan suatu penyakit. Dan salah satu cara untuk mendapatkan obat adalah dengan pergi ke salah satu pelayanan kefarmasian diantaranya yaitu apotek. Lalu apa itu apotek? Dan bagaimana fungsinya? Pada artikel ini akan membahas lebih dalam apa itu apotek menurut perundang-undangan dan apa saja fungsi dari apotek serta siapa yang bertanggung jawab terhadap apotek.

Apotek

Apotek

Menurut Permenkes RI No 35 tahun 2014 tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Apotek, Apotek adalah suatu sarana pelayanan kefarmasian tempat dilakukan praktek kefarmasian oleh apoteker. Sediaan farmasi meliputi obat, bahan obat, obat alat kesehatan dan kosmetik.

Perbekalan kesehatan ialah semua bahan dan peralatan yang diperlukan untuk menyelanggarakan upaya kesehatan. Untuk itu apotek sebagai alat distribusi dan penyaluran perbekalan farmasi kepada masyarakat, harus mampu menyediakan pelayanan kefarmasian yang memadai dan terjangkau bagi seluruh masyarakat.

Pengaturan Standar Pelayanan Kefarmasian di Apotek bertujuan untuk meningkatkan mutu Pelayanan Kefarmasian, menjamin kepastian hukum bagi tenaga kefarmasian; dan melindungi pasien dan masyarakat dari penggunaan Obat yang tidak rasional dalam rangka keselamatan pasien (patient safety).

Baca juga : SOFTWARE KLINIK DAN APOTIK TERMURAH

Apoteker

Dalam peraturan pemerintah No. 51 pasal 21 ayat 2 tahun 2009 Apoteker adalah sarjana farmasi yang telah lulus sebagai Apoteker dan telah mengucapkan sumpah jabatan Apoteker.Tentunya seorang apoteker haruslah melakukan praktek kerja terlebih dahulu guna tercapainya kompetensi agar sesuai  dengan standar yang ada, hal ini didasarkan pada keputusan Direktorat Jenderal Pengawasan Obat dan Makanan No. 51/DIKTI/Kep/1984, bahwa calon Apoteker harus melakukan praktek kerja pada apotek yang ditunjuk pada masa pendidikan apoteker.

Baca juga : PAKET SOFTWARE APOTEK DAN APOTEK 3 HARGA + RACIKAN OBAT

Tugas dan Fungsi Apotek

apotek

  • Sebagai tempat pengabdian profesi seorang Apoteker yang telah mengucapkan sumpah jabatan.
  • Sebagai sarana farmasi tempat dilakukannya kegiatan peracikan, pengubahan bentuk, pencampuran, dan penyerahan obat atau bahan obat.
  • Sebagai sarana penyaluran perbekalan farmasi yang harus menyebarkan obat yang diperlukan masyarakat secara luas dan merata.
  • Sebagai sarana pelayanan informasi obat dan perbekalan farmasi lainnya kepada tenaga kesehatan lain dan masyarakat, termasuk pengamatan dan pelaporan mengenai khasiat, keamanan, bahaya, dan mutu obat.

Baca juga : PAKET SOFTWARE KLINIK DOKTER DAN KLINIK PLUS APOTEK

Peran Apotek

Apotek berperan sebagai tempat untuk mengelola perbekalan farmasi di apotek,  pengelolaan perbekalan farmasi diapotek meliputi:
  1. Pembuatan, pengelolaan, peracikan, pengubahan bentuk, pencampuran, penyimpanan dan penyerahan obat atau bahan obat.
  2. Pengadaan, penyimpanan, penyaluran dan penyerahan perbekalan farmasi lainnya.
  3. Pelayanan informasi mengenai perbekalan farmasi diantaranya:
  • Pelayanan informasi tentang obat dan perbekalan farmasi diberikan baik kepada Dokter dan tenaga kesehatan lainnya maupun kepada masyarakat.
  • Pengalaman dan pelaporan informasi mengenai khasiat,keamanan, bahaya suatu obat dan perbekalan farmasi lainnya. Pelayanan informasi tersebut diatas wajib didasarkan kepada kepentingan masyarakat. Tanggung jawab pengelolaan ini secara penuh diberikan kepada Apoteker.
Sumber : Permenkes RI No 35 tahun 2014

>>> Download Software Apotek Gratis, Klik Disini <<<