Bisnis Apotek Jaman Now

Download Software Apotek dan Klinik Gratis Klik Disini !!

Kebutuhan konsumen akan obat-obatan kini semakin meningkat. Masyarakat lebih memilih membeli obat di apotik dibanding di rumah sakit atau tempat praktek dokter. Kini berbagai apotik mulai melakukan berbagai strategi untuk mendapatkan hati konsumennya. Banyak pula apotik yang tidak hanya sekedar menjual obat, namun dapat melakukan check up, kontrol kolesterol, menebus resep, dll. Hal ini membuat beberapa orang ingin merambah bisnisnya di dunia farmasi/perapotikan. Lalu, bagaimana kiat-kiat membuka bisnis apotik yang benar? Simak penjelasannya berikut ini.

Apabila Anda tidak ada latar belakang sama sekali di bidang obat-obatan atau farmasi, dan sedang tidak ada modal, namun berkeinginan menjalankan bisnis apotik, langkah-langkah berikut ini bisa anda terapkan.

Baca Juga Tujuan Membuka Apotek.

BISNIS APOTIK

Kiat-kiat sederhana dalam membuka Bisnis Apotik :

  1. Tentukan Lokasi

Cari lokasi yang sedikit pesaing sehingga menawarkan traffic yang memadai serta akses parkir yang mudah. Yang terpenting adalah pastikan bahwa lokasi yang anda tuju benar-benar membutuhkan keberadaan apotik.

  1. Cari tahu berapa banyak kompetisi di daerah lokasi anda

Apabila di daerah lokasi bisnis apotik anda terdapat apotik waralaba dengan harga rendah, akan sulit bagi Anda untuk menarik pelanggan. Akan lebih baik bagi Anda jika mempertimbangkan untuk memilih lokasi di daerah lain. Belum tahu apa itu apotik waralaba? Klik disini.

  1. Lakukan proses perijinan Apotek

Hal ini sangat penting dilakukan karena berkaitan dengan aspek legalitas apotek anda. Proses perizinan dapat dilakukan dengan mengajukan permohonan kepada Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dilampiri dokumen yang diperlukan. Klik disini untuk mengetahui dokumen syarat pendirian apotek.

  1. Menyusun strategi bisnis

Dalam menyusun rencana bisnis anda, anda harus memperhitungkan aspek manajemen keuangan dalam mengkalkulasi semua biaya termasuk biaya lokasi anda, lisensi, asuransi, pajak, persediaan, staf dan pemasaran, serta proyeksi dan target pendapatan untuk 2 tahun pertama.

  1. Memperoleh Modal

Dalam membuka bisnis apotik tentu membutuhkan modal yang besar, untuk memperoleh modal yang diperlukan dalam membuka apotek atau toko obat maka anda dapat mencari sumber pendanaan dari investor swasta atau dengan pinjaman bisnis dari bank lokal Anda.

  1. Lengkapi Sarana

Perbarui Apotik Anda, lengkapi dengan berbagai fasilitas yang memadai seperti ;

  • Tempat yang bersih
  • Pelayanan yang ramah
  • Ruang tunggu yang nyaman

Dapatkan juga semua peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan termasuk komputer, cash register, Program Apotik , obat-obatan dan persediaan lain yang diperlukan. Anda juga harus membuat sistem keamanan terutama jika anda berencana membuat apotik yang buka selama 24 jam. Oleh sebab itu buatlah apotik anda seaman mungkin untuk menjamin keamanan pelanggan, karyawan, bisnis dan diri anda sendiri .

  1. Jalin kerjasama dengan ASKES dan JAMSOSTEK

Agar apotik anda dapat dengan mudah diakses oleh masyarakat yang kurang mampu, maka anda dapat menjalin kerjasama dengan ASKES dan JAMSOSTEK. Kerjasama dengan dua lembaga tersebut juga merupakan sebagai salah satu wujud kepedulian terhadap program pemerintah dan kesehatan masyarakat.

  1. Rekrut SDM yang baik

Dalam bisnis apotik tentu anda akan membutuhkan sumber daya manusia seperti apoteker dan asisten apoteker. Dalam melakukan perekrutan anda tidak bisa sembarangan karena apotik berkaitan dengan hal medis dan bila anda berkecimpung di dalamnya tentu anda harus berhati-hati.

  1. Pilih pemasok obat terpercaya dengan harga bersaing

Pemasok obat merupakan partner penting dalam berdirinya sebuah apotik. Usahakan untuk mencari partner dengan harga yang bersaing atau menawarkan fasilitas cicilan sehingga anda dapat lebih mudah mengatur arus kas masuk dan keluar. Pemasok kompetitif dengan harga bersaing di sini haruslah tetap merupakan pemasok yang terpercaya dan berkualitas bukanlah pemasok yang menawarkan obat ilegal yang tidak terdaftar BPOM.

  1. Lakukan pemasaran

Sebaik apapun apotik anda jika anda tidak melakukan pemasaran yang baik maka apotik ada tidak akan dikenal oleh masyarakat. Maka dari itu iklankan apotik Anda di koran lokal, di pusat-pusat medis, di kompleks perumahan, membuat brosur, website resmi, banner, dll.

  1. Buatlah event

Anda jangan lupa dengan essensi penting dari keberadaan dari sebuah apotik yakni untuk membantu kesehatan masyarakat. Berfokus pada profit boleh tetapi anda juga harus berfokus pada aspek sosial. Anda dapat membuat event sebulan sekali dengan menggandeng rumah sakit setempat atau posyandu untuk melakukan pemeriksaan dan penyuluhan kesehatan gratis.

Itulah kiat-kiat singkat dalam membuka bisnis apotik. Semoga sedikit informasi ini dapat membantu Anda. Kami menyediakan Software Apotik dan Software Klinik terbaik untuk membantu Anda dalam menjalankan pekerjaan Anda. Managemen yang baik akan menimbulkan dampak yang baik pula bagi masyarakat.

>>Download Software Apotek Gratis Klik Disini!!<<

Download Gratis Software Apotek Dan Klinik