8 Cara Memajukan Usaha Apotek Secara Efektif & Efisien

cara memajukan usaha apotek – usaha apotek merupakan usaha yang unik dan tidak mudah untuk dijalankan oleh orang awam, apalagi bagi orang yang baru mulai belajar, banyak contoh usaha yang dijalankan tidak sesuai dengan harapan, omset tidak naik walau owner sudah merasa menjalankan strategi pemasaran yang terbaik. Untuk itu perlu yang namanya strategi pengembangan bisnis apotek dengan menggandeng pihak pihak yang sudah pengalaman dan memang sudah terbukti mempunyai bisnis apotek serta mempunyai strategi meningkatkan omset atau laba  di setiap unit usaha apotek. Bukan sekedar seorang konsultan saja. Lalu bagaimanakah cara memajukan usaha apotek dengan efektif dan efisien? Simak ulasannya berikut ini:

8 Cara Memajukan Usaha Apotek Secara Efektif & Efisien

1. Memberikan Pelayanan Terbaik

Semua selalu berawal dari sebuah pelayanan, pelayanan yang baik selalu membuat pelanggan nyaman dan dapat berimbas pada 2 hal, yaitu brand awarner dan penjualan. Jangan dilihat seberapa besar pembeliannya, ketika anda melakukan pelayanan yang profesional maka anda sudah “mengambil hati” pelanggan. Ingat tujuan orang ke apotek adalah ingin mendapatkan solusi tentang masalah penyakitnya, maka hendaknya berikanlah rasa nyaman dan bangun kedekatan dengan para pelanggan

2. Cek dan Kontrol Siklus Penjualan Pada Bisnis Apotek Anda

Mengontrol ritme penjualan Anda bisa dengan melakukan evaluasi penjualan. Hal ini wajib anda lakukan untuk mengetahui produk-produk apa saja yang laku, kurang laku, maupun tidak laku di apotek anda. Salah satu cara memajukan usaha apotek yakni dengan rutin melalukan Evaluasi ini dapat dilakukan setiap 3 bulan. Data tersebut anda kumpulkan untuk kemudian anda analisa produk-produk apa saja yang bisa menjadi prioritas dalam penyediaan obat obat an.

3. Perhatikan Ketersediaan Obat-Obatan

Apabila bisnis apotek Anda terbilang baru berjalan maka stoklah produk-produk yang sudah pasti laku di pasaran dan juga produk-produk obat wajib apotek menurut Departemen Kesehatan. Daftar tersebut dapat dilihat di Dinkes setempat. Stok produk juga jangan terlalu berlebihan. Sediakan produk untuk persediaan satu bulan pertama.

4. Jalin Kerja Sama Dengan Klinik Maupun Dokter

Hubungan kerja sama ini ditujukan untuk dapat meningkatkan omzet penjualan pada bisnis apotek anda dan juga membantu anda dalam penyediaan produk yang sebelumnya belum tersedia di apotik anda. Di samping itu, Anda juga bisa mengetahui obat-obat apa saja yang biasa diresepkan oleh klinik maupun praktik dokter dan dapat menjadi pertimbangan anda dalam hal penyediaan produk tersebut. Mengenai kerja sama tersebut dapat anda lakukan menurut cara anda sendiri.

5. Pengelolaan Laba Usaha

Sebaiknya laba usaha yang Anda peroleh dapat Anda simpan sebagian salah satu modal pengembangan selanjutnya untuk membuat cabang-cabang bisnis apotek Anda nantinya. Sisihkan laba bersih apotik (kira-kira 50%) untuk pengembangan usaha atau pembukaan cabang baru di daerah lain. Dengan membuka cabang baru, penyebaran (distribusi) produk akan semakin luas.

6. Jalin Kerja Sama Dengan Para Detailer Obat Yang Datang ke Apotek Anda

Sebaiknya dapatkan informasi terbaru lebih dulu sebelum detailer obat datang ke tempat Anda. Jangan terburu-buru membeli produk dari mereka, karena biasanya pada waktu-waktu tertentu mereka akan menawarkan produk lebih murah untuk mengejar target penjualan mereka kepada bisnis apotek anda.

7. Jalin Kerja Sama Dengan Apotek-apotek Besar

Beberapa apotek besar menjual produk ke sesama apotek dengan harga yang lebih murah daripada apa yang ditawarkan dari distributor kepada anda. Bangunlah kerja sama yang baik dengan mereka. Karena selain Anda dapat berbelanja ke sana dengan harga murah, juga dapat berbelanja berdasarkan stok yang dibutuhkan oleh apotek Anda.

8. Bangun jaringan dengan konsultan apotek yang sudah berpengalaman

Cara memajukan usaha apotek dapat diibaratkan anak kecil yang sedang belajar berjalan, butuh yang namanya pijakan, ibarat seorang baru memasuki dunia baru dia pasti membutuhkan panduan, di bidang lain panduan bisa berupa ebook atau sekedar konsultasi via phone bahwkan via wa, tetapi dalam dunia bisnis terutama waralaba apotek tidak bisa seperti itu. Kita harus punya seorang konsultan yang berpengalaman dan sudah terbukti berhasil di bidang itu.

>>> Download Software Apotek Gratis, Klik Disini !!! <<<